Sunday, June 05, 2016

Sunday, June 05, 2016TSunday, June 05, 2016

Cara Mendapatkan Uang Dari Upload Video di YouTube

Di artikel ini saya mengurai salah satu peluang mendapatkan uang dari internet dengan mudah melalui Youtube, yaitu dengan menggunakan Google AdSense dan mengaktifkan fitur Monetize untuk mendapatkan uang dari YouTube melalui video yang di upload.

Apa itu Google AdSense ? Monetize ? nanti akan saya jelaskan dibawah. Sebenarnya masih banyak cara-cara lain untuk mendapatkan uang dari YouTube. tapi di sini saya hanya menjelaskan Cara Mendapatkan Uang dariYouTube dengan Google AdSense.

Namun sebelumnya, saya menyampaikan satu hal kepada Anda: Youtube bukanlah cara mendapatkan uang dengan jumlah besar dalam waktu yang cepat. 

Memang ada orang-orang yang mampu menghasilkan ratusan ribu dolar per bulan dari Youtube, tapi itu adalah ‘sedikit orang-orang beruntung’, Nyatanya, ada ratusan juta saluran Youtube di seluruh dunia, dan kebanyakan mereka hanya mendapatkan beberapa sen saja per hari! 

Mendapatkan uang dalam jumlah besar dari Youtube butuh dedikasi, semangat dan kerja keras yang tinggi, yang tidak semua orang sanggup melakukannya

Saya mengatakan hal ini, tentu bukan bertujuan menurunkan semangat Anda, tapi ingin Anda tetap realistis, agar tidak kecewa di tengah jalan, menyiapkan diri sejak awal untuk bekerja lebih keras menghadirkan video yang kreatif, unik, agar di tonton dan disukai orang seluruh dunia! 

Tapi, kalau orang lain bisa, bukan suatu hal yang mustahil Anda menjadi salah satu orang ‘beruntung’ berikutnya, bukan? 

So, tetap semangat, dan inilah yang perlu Anda lakukan untuk menjadi mitra Youtube:

Sebelum mengikuti tutorial ini saya harapkan Anda sudah memiliki paling tidak 1 buah akun YouTube, jika belum silahkan buat terlebih dahulu dengan cara menghubungkan akun Gmail dengan YouTube. Jika Anda sudah memiliki akun YouTube, itu artinya Anda sudah siap untuk mendapatkan uang dari YouTube


Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dengan Google AdSense.


Sebelumnya saya ingin menjelaskan terlebih dahulu pengertian tentang apa itu Google AdSense. Sederhanya, Google AdSense adalah program periklanan yang dikembangkan oleh Google, dimana tugas Google disini sebagai network atau perantara antara publisher (penerbit iklan) dan advertiser (pengiklan).

Sebagai seorang publisher atau penerbit iklan, kita akan dibayar Google setiap seribu view atau jika ada iklan yang di klik oleh pemirsa yang menonton video yang kita upload di YouTube.

Mudahnya untuk mendapatkan uang dari YouTube dengan Google AdSense yang harus kita lakukan adalah Memperbanyak View, karena rumusnya adalah semakin banyak view yang didapat, maka bisa dipastikan penghasilan yang akan kita dapatkan dari YouTube juga akan semakin banyak.

Namun, seperti yang saya singgung diatas, dimana kita tak cukup hanya mengupload video saja, melainkan kita juga harus mengaktifkan fitur Monetize yang tersedia di YouTube, jadi akan sia-sia jika Anda upload video namun tidak mengaktifkan fitur Monetize ini, karena tidak akan ada yang bayar. Nah, pertanyaannya 'bagaimana cara mengaktifkan fitur monetize di YouTube ini ?' silahkan ikuti panduannya dibawah ini.

Mengaktifkan Monetize Pada Saluran
  • Masuk ke akun YouTube Anda.
  • Di bagian kanan atas, pilih ikon Akun dan klik Creator Studio.
  • Di menu sebelah kiri, pilih Saluran dan klik Status dan fitur.
  • Di samping "Monetisasi", klik Aktifkan Akun Saya. Anda hanya akan melihat opsi ini jika akun Anda memiliki reputasi yang baik dan belum pernah dinonaktifkan untuk monetisasi.
  • Ikuti langkah-langkah di layar untuk menyetujui perjanjian monetisasi YouTube. Centang semua, tanda Anda setuju, kemudian klik tombol monetisasi.
  • Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu 1 - 6 jam bahkan sampai 1 minggu untuk mendapatkan email konfirmasi dari Google AdSense.
  • Di menu features (https://www.youtube.com/features) silahkan Anda aktifkan fitur Monetization, Jika fitur sudah aktif akan muncul status Enabled dengan icon lingkaran hijau menyala

Jika sudah diterima menjadi publisher Google AdSense di YouTube, maka tugas Anda adalah membuat, mengupload dan mempromosikan video tersebut agar mendapatka banyak view, karena Google AdSense menggunakan sistem Revenue Per Thousand Impressions (RPM), jadi kita kaan dibayar $1 - $10 untuk setiap 1000 view

Masuklah ke halaman Pengelola video >> Upload. Centang video mana yang ingin dimonetisasi, klik Tindakan terus pilih monetisasi. Atau bisa juga langsung klik logo $ kecil di sebelah kanan video yang bersangkutan.


Tanda bahwa suatu video telah disetujui untuk dimonetisasi adalah logo $ berubah menjadi warna hijau seperti tampak pada gambar diatas.

Menerima pembayaran

Jika semua tahapan diatas telah Anda lakukan, maka Anda langsung mengumpulkan penghasilan. Dan saatnya sekarang Anda menerima pembayaran. Perlu diketahui, untuk menerima pembayaran penghasilan dari Youtube, Anda memerlukan akun Adsense yang dikaitkan dengan akun Youtube. 

Jadi, Anda harus membuat akun Adsense pada satu titik tertentu. Google tidak akan menyuruh Anda segera membuat sebuah akun Adsense, kecuali perolehan pendapatan Anda telah mendekati ambang batas pembayaran, yaitu sebesar $100. 

Meskipun Anda belum memiliki akun Adsense, pendapatan Anda terus akan dihitung dan disimpan. Selama Anda belum mengaitkan akun Adsense, maka laporan penghasilan belum lah muncul pada halaman Analytics. Jadi, sebagai penyemangat Anda bisa segera membuat sebuah akun Adsense kemudian ditautkan dengan akun Yotube Anda. Penjelasan bagaimana cara mendapatkan akun Adsense, bisa Anda baca di halaman Support Google. Namun, ada baiknya saya jelaskan juga disini.
  • Masuk kembali ke halaman Setelan Saluran seperti pada langkah diatas. Anda perhatikan, setelah mengaktifkan monetisasi saluran, maka pada halaman Setelan Saluran  muncul sub menu baru yaitu Monetisasi klik menu tersebut.
  • Pada bagian "Bagaimana saya akan dibayar", klik link mengaitkan akun Adsense. Anda akan dibawa ke halaman pemberitahuan bahwa Anda akan mengaitkan akun Adsense, klik tombol Berikutnya.
  • Selanjutnya Anda akan dialihkan ke halaman Google Adsense. Jika ingin menggunakan alamat email sama dengan yang digunakan untuk Youtube, klik tombol Ya, gunakan [alamat email Anda].
  • Anda masuk ke langkah kedua. Disini cuma konfirmasi untuk memastikan alamat saluran Youtube Anda. Klik Lanjutkan.
  • Masuk ke langkah ketiga. Lengkapi semua formulir dengan benar dan lengkap. Teliti sekali lagi sebelum menekan tombol Kirim permohonan saya.

Setelah ini, Anda akan kembali dialihkan ke Youtube. Tunggu beberapa waktu, maka Anda sudah memiliki akun Adsense yang terkait ke saluran Youtube Anda. Selesai. Sekarang Anda bisa melihat penghasilan dari hari ke hari.

Untuk menerima pembayaran, Anda harus mencapai jumlah pendapatan tertentu. Jumlahnya berbeda-beda di setiap negara. Setelah Anda mencapai batas ini, Anda akan dibayar berdasarkan penghasilan Anda yang belum dibayar.

  • USD $100
  • EUR €70
  • GBP £60
  • JPY ¥10000
  • AUD A$150
Hmm… sampai disini Anda baru memulai. Tugas selanjutnya adalah Anda buat video sebanyak – banyaknya dan buat video Anda menjadi populer, ditonton banyak orang. Semakin banyak ditonton orang, maka peluang pendapatan Anda akan semakin besar

Jika Anda ada pertanyaan, tips lain atau pengalaman, silakan ajukan dan bagikan lewat komentar.

0 komentar:

Post a Comment

Posted By : Guggie Season

Guggie Season adalah nama saya, tapi biasa dipanggil sebagai Guggie dan saya tinggal di Medan, Sumatra Utara... Saya seorang Gamers yang baru saja menggeluti dunia Blogger dan Internet Marketing. Blog saya adalah newbie-season.blogspot.co.id. Semoga apa yang saya buat di blog saya dapat bermanfaat buat sobat semua. Selamat mencoba !!!

Popular Posts

Newbie-Season. Powered by Blogger.